Jumat, 28 September 2007

arti menjadi ibu

Hampir semua orang tahu, apa arti kata Ibu.

Ibu adalah orang tua perempuan yang melahirkan kita.

Hanya itu ?

Tidak, jika kita melihat dengan mata hati.

Arti seorang ibu sesungguhnya jauh lebih luas.

Ibu merupakan guru, panutan, pemberi kasih sayang dan perawat. Ia seorang pendongeng yang hebat, ilmuwan tempat bertanya, dan seniman. Ia juga seorang koki, sopir pribadi, pelatih sepakbola, dan lawan bermain game yang handal. Ia tempat curhat, seorang bodyguard, bahkan kadang-kadang ia seorang ayah!!!

Ibu adalah sosok yang penuh kasih sayang, kuat, mandiri dan pemberani. Dia penyayang, penyabar dan tabah.

Begitu kompleksnya tugas seorang ibu. Tapi seperti keajaiban, para ibu mampu melaksanakan tugas mereka, tanpa peduli apapun pendidikan mereka.

Seorang ibu selalu aktif. Mulai dari kehamilan, sampai tahun-tahun menjelang pernikahan anaknya.

Mulai dari menjaga kehamilan, melahirkan, menggendong bayinya hingga tertidur, mengantar anak-anaknya ke sekolah, les musik tiga kali seminggu, mempersiapkan perlengkapan ospek ketika anaknya mulai kuliah, sampai kesibukan menjelang pesta pernikahan putra putri tercinta.

Meskipun terdengar klise, tapi tugas seorang ibu, memang tiada akhir.

Ya, tugas ibu memang melelahkan. Dan tidak ada bayarannya sama sekali. Namun, imbalan menjadi seorang ibu, sangat banyak. Ciuman dari putrinya yang berterima kasih, senyuman dari putranya yang lulus kuliah, atau ucapan terima kasih yang tulus dari anak-anaknya. Serentetan tugas yang begitu melelahkan sirna seketika oleh kebahagiaan yang luar biasa, begitu melihat putra putrinya berbahagia.

Dan hidupnya terasa sangat berarti.

1 komentar:

Wiwaha Souvenirs mengatakan...

aku akan kembali baca artikel ini kalo lagi bete ama mamaku.. she's everything..
Salam kenal..